Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sengitnya Persaingan Pajero Sport dan Fortuner, Siapa Lebih Unggul?

Toyota Fortuner Anti Peluru
Sumber :

100kpj – Mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV) di Indonesia beragam, namun untuk kelas menengah dengan mesin diesel hanya ada empat nama, yakni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero Sport, Nissan Terra sebagai pendatang baru, dan Isuzu MU-X.

Dari keempat model tersebut, hanya ada dua nama yang kerap bersaing ketat dari tahun ke tahun. Ya, siapa lagi kalau bukan Fortuner dan Pajero, kedua SUV dengan sasis ladder frame tersebut berlomba-lomba menjadi yang terlaris dari tahun ke tahun.

Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, penjualan Pajero Sport dari pabrik ke diler atau wholesales sepanjang Januari sampai November 2019 mencapai 16.929 unit, dan varian 4x2 masih menyumbang terbanyak.

Pajero dengan penggerak dua roda ditawarkan lima varian dengan menyumbang angka penjualan 15.453 unit dan tipe 2.4L Dakar 4x2 AT jadi yang terlaris. Sedangkan untuk penggerak empat roda atau 4x4 terdapat dua varian dengan menyumbang 1.476 unit.

Pajero Sport Rockford Fosgate Black Edition Edisi ke-2
 

Dari hasil tersebut artinya Pajero menjadi SUV peminum solar terlaris selama 11 bulan tahun lalu. Sebab penjualan Fortuner dengan mesin diesel hanya menorehkan hasil 14.753 unit, dan dua varian mesin bensinnya dalam periode yang sama hanya terjual 877 unit.

Sementara menurut data yang dirilis PT Toyota Astra Motor sebagai produsennya, penjualan Fortuner dari pabrik ke diler Januari-Desember 2019 mencapai 16,6 ribu unit total bensin dan diesel. Sedangkan untuk penjualan diler ke konsumen 18,2 ribu unit.

Berita Terkait
hitlog-analytic