Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

10 Trik Mudah Deteksi Mobil Bekas Banjir, Awas Ketipu

Mobil terendam banjir
Sumber :

100kpj – Dari tahun ke tahun saat memasuki musim penghujan, sejumlah wilayah di DKI Jakarta dilanda banjir. Seperti yang terjadi di awal 2020, di mana hujan turun deras pada malam pergantian tahun sehingga beberapa titik di Ibu Kota tergenang air.

Belajar dari kejadian tersebut, artinya harus lebih teliti jika ingin memboyong mobil bekas di awal tahun. Sebab mobil yang sudah terendam banjir beberapa komponennya lebih ringkih, dan sudah tidak nyaman saat digunakan.

Berikut 10 cara mendeteksi mobil bekas banjir:

Senior Manager bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, trik pertama yang harus disadari pembeli adalah melihat STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), dari situ bisa diketahui bekas banjir atau tidak. 

“Karena ada daerah-daerah di Jakarta yang sering banjir. Kita lebih teliti melihat mobil jika mengetahui tempat tinggal pemiliknya. Meski sudah diperbaiki setelah banjir, pasti ada bekas yang masih tertinggal,” ujarnya kepada 100KPJ, Kamis 2 Desember 2019. 

Mobil terendam banjir

Nah bekas tersebut bisa terlihat dari beberapa sektor. Lanjut Herjanto, cara yang kedua untuk melihat mobil tersebut bekas banjir atau tidak adalah perhatikan karpet dasarnya, jika ada bau apek dan lantai dasar terlalu bersih perlu dicurigai.

Berita Terkait
hitlog-analytic