Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jangan Panik Bila Knalpot Kemasukan Air Saat Banjir, Ini Solusinya

Mobil terendam banjir
Sumber :

100kpj – Di saat musim penghujan tiba saat ini, maka banjir muncul di beberapa kota besar Indonesia, seperti kawasan Jabodetabek. Alhasil, para pemilik mobil akan terus menghadapi masalah, yakni knalpot kemasukan air ketika terjadi banjir.

Masalah knalpot mobil kemasukan air ini kerap terjadi ketika pemilik mobil memutuskan untuk menerobos jalanan yang tergenang banjir. Imbasnya, tak menutup kemungkinan mobil bakal tiba-tiba mogok di tengah perjalanan.

Selanjutnya, Anda pun terpaksa meninggalkan kendaraan atau memilih untuk mendorongnya sampai ke area yang kering. Namun, Anda tak perlu khawatir dengan air yang masuk knalpot akan membasahi mesin dan membuatnya mogok.

Baca Juga:
Jangan Sepelekan! 9 Tips Aman Berkendara Saat Hujan dan Banjir

Asuransi Tanggung Motor dan Mobil Kreditan yang Kena Banjir?

Mobil terendam banjir


Seperti dilansir dari situs Nissan, hal tersebut sebenarnya tidak akan terjadi selama mesin tetap bergerak. Bila Anda tidak sengaja membuat mesin mati, sebaiknya cepat-cepat nyalakan mesin agar mesin tak kemasukan air.

Berkonsentrasilah untuk menjaga kecepatan tetap stabil serta mengatur momentum. Perlu diingat pula bahwa bila mesin Anda tiba-tiba mati, kemungkinan besar air sudah masuk ke mesin.

Tetap Tenang dan Ini Solusinya

Kepanikan tidak akan menyelesaikan permasalahan. Bahkan sebaliknya, masalah menjadi semakin runyam. Oleh karena itu, dinginkan dulu kepala Anda, karena pada kondisi banjir, ada problem lain yang lebih berbahaya mengancam mobil.

Air yang masuk ke knalpot memang jadi masalah besar dan bisa mengganggu mesin. Namun, hal tersebut takkan merusak mesin secara langsung, karena air banjir bakal tertampung pada bagian yang disebut catalytic converter yang fungsinya untuk menyaring gas buang.

Air yang menumpuk pada catalytic converter, memang akan menyulitkan Anda untuk menyalakan mesin. Namun, seiring dengan pemakaian, genangan air pada bagian tersebut, akan berubah menjadi uap. Nah, problem yang lebih besar dan perlu menjadi perhatian bukan pada bagian knalpot, melainkan sistem kelistrikan mobil dan mesin.

Baca Juga:

Berita Terkait
hitlog-analytic