Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tips Agar Tak Dapat Mobil Bekas Taksi Online, Cek Saja dari Ban

Ilustrasi mobil bekas

100kpj – Mobil bekas adalah salah satu pilihan bagi Anda yang tengah mengincar kendaraan roda empat namun dengan dana terbatas. Walau demikian, tentu Anda menginginkan mobil bekas dalam kondisi bagus bukan.

Nah, salah satu yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai Anda mendapat unit mobil lelah, yang pernah dipakai sebagai armada taksi online. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa diterapkan untuk membedakan mana mobil bekas lelah dan mana mobil bekas segar.

Langkah pertama yakni tengok kode produksi ban. Sebab ini bisa menandakan jarak tempuh dari mobil tersebut. “Semisal tahun 2017, harusnya kode produksi pada ban sama, nah dari sana bisa kelihatan, apakah pernah ganti atau enggak. Kalau mobil yang sering dipakai kan cepat botak bannya," kata Manager Senior Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih saat dihubungi.

Mobil bekas


"Kalau ban sudah diganti Anda perlu curiga, terlebih umur mobil baru dua tahun. Karena dalam pemakaian normal, ban baru habis dalam jangka waktu tiga sampai empat tahun."

Tips lainnya yang bisa menjadi perhatian adalah mengecek ketebalan piringan rem sebagai indikasi mobil itu merupakan mobil lelah atau tidak. "Umur mobil setahun normalnya sekelas MPV seperti Kijang Innova, Avanza, Xenia harusnya 20 ribu kilometer maksimal."

“Untuk mobil yang mahal seperti Mercedes-Benz, Alphard enggak lebih dari lima ribu kilometer sampai 10 ribu kilometer, karena jarang dipakai. Untuk Fortuner dan Pajero enggak boleh lebih dari 15 ribu kilometer, kalau lebih dari itu capek berarti mobilnya,” katanya.

Sementara itu, menurut Fadli, pemilik ruang pamer Bambu Kuning Motor, di kawasan Cipinang, Jakarta Timur, saat ini pasar mobil bekas memang cukup banyak dibanjiri kendaraan bekas taksi online.

Ilustrasi BMW E30, Daftar mobil bekas murah asal Eropa


Mobil-mobil tersebut yakni seperti Toyota Avanza, Honda Brio, Toyota Calya dan sejenisnya. “Saat ini banyak mobil bekas berstatus bekas taksi online. Kalau mobil bekas taksi pasti kilometernya tinggi, untuk sekelas Avanza, Ertiga atau Xenia dalam jangka waktu satu tahun jika mobil dipakai pribadi hanya 20 ribuan kilometernya. Tapi kalau taksi online bisa 60 ribuan dalam satu tahun,” ujarnya.

Harga juga cukup jadi perhatian. Mobil bekas taksi online akan dijual dengan harga lebih murah ketimbang pemakaian pribadi.

Baca Juga: Honda Bakal Kabulkan Tuntutan Penggemar PCX di Versi Terbaru

Berita Terkait
hitlog-analytic