Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pedagang Mobil Bekas Sebut Datsun Bakal Susah Diajukan Kredit

Ilustrasi Datsun
Sumber :

100kpj – Meskipun penjualan Datsun masih lebih baik dari beberapa merek mobil di Indonesia, namun keputusan Nissan pusat untuk menghentikan penjualan Datsun tetap dilakukan. Hal itu ditandai dari setopnya produksi Datsun di Tanah Air.

Pabrik Nissan Motor Indonesia yang berlokasi di Purwakarta, Jawa Barat sudah menghentikan produksi Datsun sejak Juli 2019 yang diawali dari Cross. Sedangkan untuk model GO dan GO+ perakitannya akan dihentikan pada Januari 2020.

Sebelum merek Datsun angkat kaki dari Indonesia, dampak yang diterima oleh pedagang mobil bekas pun sudah mulai terasa. Salah satunya adalah harga jual yang mengalami penurunan tajam, dan berkurangnya peminat.

Manager Senior bursa mobil bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih mengatakan, efek dari cabutnya sebuah merek mobil itu tentunya berdampak kepada pedagang mobil bekas. Salah satunya penyesuaian harga jualnya yang merugikan.

Dia mengatakan, para pedagang tersebut memboyong dengan harga normal, namun setelah adanya informasi Datsun akan hengkang, otomatis pedagang rugi. Sebab mau enggak mau harga jual mobil itu menurun dari biasanya.

“Harga Datsun sekarang turun dari kondisi normal 15-20 persen. Dengan kondisi seperti itu, margin dari pedagang jual Datsun sekarang paling tinggi Rp5 jutaan,” ujarnya kepada 100KPJ, Selasa 17 Desember 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic