Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Alasan Xpander Crossover 'Anti Limbung' meski Tubuhnya Lebih Jangkung

Redaksi ikut berkesempatan menjajal mobil baru ini di Jepang
Sumber :

100kpj – Ada satu catatan menarik saat redaksi kami menjajal mobil baru yang akan segera diluncurkan Mitsubisishi di Jakarta, Selasa 12 November 2019 nanti. Meski punya tubuh lebih bongsor dari Xpander, namun mobil new crossover MPV ini ternyata cukup mumpuni saat diajak berpaju di tikungan.

Secara dimensi, mobil baru dari Mitsubishi ini memang lebih jangkung dari Xpander. Maklumnya, mobil ini memang diklaim Mitsubishi sebagai sebuah mobil keluarga dengan gaya Sport Utility Vehicle (SUV).
Hal itu juga terlihat dari ground clearancenya yang lebih tinggi dari Xpander.

Sebagai catatan, untuk ground clearancenya sendiri di angka 225 mm. Sedangkan Xpander sendiri punya ground clearance 205 mm. Berarti 20 mm lebih tinggi dari Xpander yang telah beredar di pasaran saat ini. Bayangan kami, pasti akan limbung saat dipacu di tikungan.

new crossover MPV yang akan diluncurkan Mitsubishi Motors Corporation

Tak hanya itu, Xpander bergaya crossover ini juga punya kaki-kaki yang lebih tinggi. Mobil ini menggunakan pelek dan ukuran ban yang lebih besar dari Xpander. Pelek digunakan ukuran 17 inchi sedangkan bannya menggunakan ukuran 205/55R17.

Kesempatan mencoba langsung didapat. Tak tunggu lama, setelah mendapat kesempatan menjajal di sirkuit mini Mitsubishi di Kota Okazaki Jepang beberapa waktu lalu, mobil baru yang akan meluncur ini langsung kami ajak melahap lintasan.

Meski jalur pertama penuh dengan lubang dan kerikil, kesan pertama mobil ini tampak lebih kedap suara. Hal itu dapat kami rasakan langsung karena dalam sesi tersebut juga diboyong beberapa mobil kompetitor.

new Crossover MPV Mitsubishi


Tak lama kesan kedua langsung kami terima, saat melintasi tikungan yang tak terlalu tajam dengan kecepatan 80km/jam, mobil baru ini tampak tak limbung. Hal berbeda dirasakan saat kami menjajal di lintasan yang sama dengan mobil yang berbeda.

Lalu apa yang membuat new Crossover MPV ini tak limbung meski punya postur yang lebih tinggi dibanding Xpander dan para kompetitornya? Jawaban diberikan Chief Product Specialist Mitsubishi Motors, Minoru Uehara, dalam kesempatan itu.

"Kami memang tetap berusaha untuk mempertahankan status sebagai mobil terbaik di kelasnya. Suspensi memang sengaja kami tingkatkan untuk mengejar kenyamanan dalam berkendara dan demi meredam limbung," kata Minoru Uehara.

Dua kesan itu yang paling dapat kami rasakan saat menjajal mobil baru yang akan diluncurkan MItsubishi ini. Sedangkan untuk urusan lain terkait handlingnya masih tampak sangat mirip dengan Xpander yang beredar saat ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic