Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kebiasaan Unik Orang RI: Baru Beli Mobil, Udah Kepikiran Mau Jual Lagi

Ilustrasi beli mobil
Sumber :

100kpj – Berdasarkan penelitian yang dilakukan The Conference Board Global Consumer Confidence Survey pada akhir 2018 lalu, Indonesia merupakan negara ketiga dengan penduduk paling konsumtif di dunia. Hal tersebut mengacu pada tiga indikator, yakni pekerjaan, keuangan pribadi, dan keinginan berbelanja yang tinggi.

Selain pakaian dan makanan, masyarakat Indonesia cenderung menghabiskan uangnya untuk membeli kendaraan seperti mobil. Bahkan, sebagian membelinya bukan untuk keperluan operasional, melainkan hanya untuk memenuhi gengsi dan gaya hidup semata.

Pameran otomotif GIIAS 2018.

Pengamat otomotif senior sekaligus dosen Institut Teknologi Bandung, Yannes Pasaribu menyebut, orang Indonesia mudah sekali bosen dengan mobil yang dimilikinya. Setiap kali model baru keluar, dan secara karakteristik sesuai selera mereka, maka keinginan untuk menggantinya dengan yang baru pun seketika muncul.

Ilustrasi penyerahan kunci mobil

Lebih-lebih, kata dia, saat membeli mobil baru, orang Indonesia sudah memikirkan harga jual kembalinya. Hal itu terjadi, lantaran mereka sudah membuat perkiraan bahwa suatu hari nanti mobil itu akan dijual dan menggantinya lagi dengan yang baru.

“Orang Indonesia saat memutuskan beli kendaraan baru, mereka sudah memikirkan seberapa besar depresiasinya saat esok mereka jual kembali. Itulah warna budaya konsumen kita,” ujar Yannes kepada 100KPJ, Kamis 7 November 2019.

Berita Terkait
hitlog-analytic