Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tiga Mobil Listrik Termurah Sejagat, Ternyata Ada yang Rp120 Jutaan

Renault Zoe
Sumber :

100kpj – Berbicara mobil listrik tentu bayangan pertama yang muncul adalah harganya yang sangat mahal. Maklum saja, selama ini pajaknya juga sangat tinggi. Beruntung saat ini, banyak negara yang mencoba memberikan berbagai kemudahan untuk mobil listrik, termasuk Indonesia.

Kesadaran akan polusi yang ditimbulkan mobil konvensional juga menjadi nilai tawar untuk masuk ke era kendaraan listrik termasuk mobil. Namun harga tinggi bukan satu-satunya masalah. Infrastruktur dan fasilitas pengecesan baterai yang belum memadai juga menjadi tantangan ke depan.

Namun pepatah 'Selalu Ada Jalan Menuju Roma' rupanya masih dapat berlaku terkait dengan harga tinggi untuk mobil listrik. Dari beberapa produk mobil listrik yang beredar saat ini, sejatinya ada beberapa yang dibanderol murah. Apa saja itu?

Renault Twizy


1. Renault Twizy
Mobil listrik yang lebih menyerupai mobil golf ini punya tempat khusus di hati pecinta otomotif tanah air. Maklum, pada hajatan GIIAS 2019 lalu, mobil ini ikut mejeng dalam pameran. Bahkan pihak PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) mengklaim mobil ini telah dipesan satu unit saat itu.

Berbicara harga, Renault Twizy ini sebenarnya dibanderol seharga 6.690 poundsterling atau seetara Rp120 jutaan (off the road). Namun nyatanya, saat mobil itu masuk Indonesia, harga mobil ini masih cukup mahal yakni sekitar Rp400jutaan.

Uniti One


2. Uniti One
Kendaraan mungil ini buatan produsen mobil listrik asal Swedia. Kapasitasnya hanya untuk tiga penumpang. Mobil ini menggunakan motor listrik yang mampu memuntahkan tenaga 67 bhp. Untuk akselerasinya, mobil listrik ini mampu melesat dari 0-31 mph hanya dalam waktu 4,1 detik.

Model untuk entry level-nya menggunakan baterai 12 kWh dan mampu menempuh jarak hingga 93 mile dari posisi baterai penuh sekali isi. Sebagai pilihan, mobil listrik ini juga menyediakan opsi baterai 24 kWh tentu dengan daya jangkau yang lebih panjang. Untuk harga, mobil ini dibanderol 15.100 poundsterling atau setara 273 juta. Tentu harganya akan melonjak saat dipasarkan di Indonesia.

Renault Zoe


3. Renault Zoe
Mobil listrik yang satu ini dijual dengan harga 18.420 poundsterling atau setara Rp333juta. Dan lagi-lagi harga itu akan melonjak tentunya jika diboyong ke tanah air. Kini generasi kedua dari Renault Zoe telah meluncur. Dengan baterai 52kWh, mobil listrik dapat menempuh jarak 242 mile.

Yang tak kalah menarik, mobil listrik yang satu ini juga tersedia dua pilihan tipe motor yakni R110 yang mampu memuntahkan tenaga hingga 108bhp dan R135 yang memuntahkan tenaga 133bhp.


Berita Terkait
hitlog-analytic