Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Melirik Spek Daihatsu Rocky, Mau Dijual di Bawah Rp200 Jutaan?

Daihatsu pamer SUV barunya.
Sumber :

100kpj – Sinyal kuat dihembuskan Daihatsu. Untuk menggenggam pasar otomotif roda empat, jenama asal Jepang itu menyatakan diri tengah mempersiapkan Rocky versi reborn untuk pasar global.

Indonesia, akan jadi salah satu negara yang akan memasarkan Daihatsu Rocky. Hal itu setidaknya disampaikan Presiden Direktur Daihatsu Motor Corporation, Soichiro Okudaira, saat ditemui di Tokyo Motor Show 2019.

Kata dia, Daihatsu memang sengaja memperkenalkan Rocky terbaru yang nantinya akan diwujudkan dalam bentuk produksi massal. "Namun, sebelum melakukan hal itu, kami terlebih dahulu meminta masukan dari masyarakat Indonesia," kata dia.



Sekadar diketahui, Rocky terbaru merupakan versi reborn dari Taft Rocky yang sempat dipasarkan oleh PT Astra Daihatsu Motor di Indonesia dalam genre jip.
Kini Rocky terbaru hadir dalam balutan Sport Utility Vehicle yang mengusung mesin 1.000cc dan disandingkan dengan transmisi CVT dan turbocharger.

Spesifikasi

SUV Rocky memiliki wujud yang jauh lebih kecil dari Terios. Panjangnya sekira 3.995 milimeter, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm. Jarak sumbu rodanya sekira 2.525 mm.



Daihatsu Rocky menawarkan konfigurasi tempat duduk lima penumpang. Salah satu pilihan mesin yang ditawarkan adalah 996cc yang akan menawarkan daya maksimum 98 PS dan sebuah torsi puncak 140 Nm. Namun ada juga yang menyebut kalau Rocky akan turut dipasarkan dalam versi mesin 1.200cc.

Mesin lantas disandingkan dengan sistem transmisi CVT, bukan matik konvensional seperti yang saat ini masih digunakan Terios. Mobil ini disebut-sebut versi baru dari SUV kompak Daihatsu DN Trec yang pernah diperkenalkan pada ajang Tokyo Motor Show 2017 lalu.

Berapa Harganya?

Sementara itu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) sebagai agen pemegang merek (APM) memastikan, kalau SUV kompak itu akan diplot berada di bawah Terios.
Menurut Direktur Pemasaran PT ADM Amelia Tjandra, ini sesuai jika mengacu pada kapasitas penumpang dan dimensi yang diusungnya.



Terkait harga, Amel mengatakan, perbedaan diferensiasi Terios dan Rocky bisa membuat calon mobil baru mereka di Indonesia itu memiliki harga terjangkau. "Dimensi (Rocky) lebih kecil, pasti bahan baku juga lebih kecil, dari segi harga logikanya harusnya begitu (lebih murah dari Terios)," ucap Amel.

Lantas, akankah Daihatsu bakal menjual Rocky reborn di bawah Rp200 juta? Sementara Terios saat ini dipasarkan dengan harga Rp200 jutaan. Kita tunggu kabar selanjutnya.

(Laporan: Yunisa Herawati/VIVA/Tokyo)
Berita Terkait
hitlog-analytic