Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Lagi, Outlander PHEV Menjadi Alat Pertahanan Bencana di Jepang

Mitsubishi Outlander PHEV
Sumber :

100kpj – Jepang dikenal sebagai salah satu negara yang sering tertimpa bencana alam. Belum lama ini, Jepang kembali diterjang bencana badai topan Hagibis yang menewaskan puluhan orang. Dan kembali, kendaraan listrik menjadi salah satu 'alat pertahanan' Jepang dari bencana alam.

Meski terus menerus dihantam bencana, Jepang memang mampu bertahan. Salah satunya dengan mengandalkan mobil listrik. Tak heran semua produsen mobil di Jepang terus mengedepankan teknologi mobil listrik. Termasuk Mitsubishi Motors Corporation (MMC).

Seperti yang banyak diberitakan, pada pertengah Oktober lalu, beberapa wilayah Jepang diterjang badai topan Hagibis. Ini menjadi masuk kategori sangat kuat setelah pada 1991 silam Pulau Honshu juga diterjang topan mengerikan.

Tak hanya puluhan korban jiwa dan masih banyak lagi orang yang hilang, topan Hagibis juga memporak-porandakan beberapa bangunan dan infrastruktur. Paska bencana, beberapa wilayah yang diterjang topan padam listriknya. Tentu sumber listrik alternatif diperlukan.

Salah satunya disumbang Mitsubishi Outlander PHEV. Paska bencana topan Hagibis, Outlander PHEV ikut terjun dan membantu proses evakuasi. Mobil ini menjadi power suplly bagi kebutuhan penanggulangan bencana.

"Saat badai menerjang dan menyebabkan aliran listrik di Chiba padam beberapa waktu lalu, sebanyak 12 Outlander PHEV dikerahkan," kata Manager of EV Solution Dept. Mitsubishi Motors, Tadahiro Togami di Tokyo.

Hal senada juga diungkapkan
COO MMC, Ashwani Gupta, saat memberikan sambutan di booth Mitsubishi pada gelaran Tokyo Motor Show 2019. Menurutnya, kendaraan listrik di Jepang dianggap sangat menarik khususnya untuk merespon bencana alam.

"Bahkan kami saat ini tengah berencana membuat perjanjian dengan pemerintah untuk penanggulangan bencana alam di seluruh Jepang pada tahun fiskal 2022 mendatang," kata Ashwani Gupta dalam sambutannya.

Sebagai catatan, Outlander PHEV sendiri saat ini tercatat sebagai mobil plug-in hybrid terlaris untuk segmen Sport Utility Vehicle (SUV). Total saat ini telah terjual sebanyak 220.000 unit Outlander PHEV di seluruh penjuru dunia.

Berita Terkait
hitlog-analytic