Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Harga Low SUV di Oktober 2019: BR-V, Rush dan Glory 560 Naik

All New Toyota Rush
Sumber :

100kpj – Persaingan mobil penumpang di kelas Low Sport Utility Vehicle (SUV) tak kalah sengit. Pasalnya, hampir semua produsen bermain di segmen tersebut, mulai dari merek Jepang sampai China yang jadi pendatang baru.

Melihat data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, Toyota Rush masih jadi penguasa pasar di kelas Low SUV. Penjualannya dari pabrik ke diler periode Januari sampai Agustus 2019 mencapai 41.845 unit.

Sementara, saudara kandungnya yaitu Daihatsu Terios hanya terjual 13.119 unit dalam periode yang sama. Honda yang baru memberikan penyegaran pada BR-V di April 2019, ternyata belum mampu bersaing di kelas Low SUV.

Pasalnya penjualan BR-V dari pabrik ke diler hanya 2.475 unit dalam periode Maret sampai Agustus. Jika melihat data per bulan rata-rata hanya 300-400 unit, sementara Terios atau Rush penjualan rata-rata per bulan ribuan unit.

Meski penjualannya tidak terlalu moncer, Honda masih dikatakan berani menaikkan banderol BR-V. Hal tersebut dilakukan karena penyesuaian nilai BBN (Bea Balik Nama) di DKI yang meningkat 2,5 persen di Oktober 2019.

Artinya BBN di Ibu Kota sudah 12,5 persen, sama dengan wilayah Tangerang dan Jawa Barat. Hal yang sama juga dilakukan Toyota, banderol Rush dikerek memasuki bulan ke 10 namun peningkatan harganya tidak terlalu signifikan. 

Berita Terkait
hitlog-analytic