Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Calya-Sigra Versi Terbaru Meluncur Siang Ini, Jadi Mirip Avanza

New Toyota Calya
Sumber :

100kpj – Jagat roda empat Tanah Air dipastikan bakal kehadiran si kembar Toyota Calya dan Daihatsu Sigra versi terbaru. Baik Toyota dan Daihatsu menjadwalkan peluncuran keduanya bersamaan di tempat yang berbeda.

Dari undangan yang masuk ke meja redaksi 100KPJ, Calya terbaru akan dibuka selubung resminya di Jalan Sudirman, Jakarta. Sementara Sigra terbaru akan debut di kawasan BSD City, Tangerang, Senin siang, 16 September 2019.

Seperti diketahui, baik Toyota Calya dan Daihatsu Sigra pertama kali hadir di Indonesia sejak 2016 lalu. Mobil yang masuk ke dalam kategori Low Cost Green Car (LCGC) tersebut dihadirkan untuk menjawab kebutuhan pasar mobil harga terjangkau, yang dapat mengangkut tujuh penumpang.

New Toyota Calya


Bicara prestasi, wajar sepertinya bagi Toyota dan Daihatsu untuk mereparasi Calya dan Sigra. Sebab penjualannya cukup bagus di kelas LCGC. Sepanjang 2018, penjualan Calya dari pabrik ke diler mencapai 63.970 unit, artinya mobil keluarga dengan harga terjangkau tersebut menempati posisi ketiga dari daftar mobil terlaris. Sementara Sigra yang jadi saudara kandungnya terjual 50.682 unit dalam periode yang sama.

Meski penjualannya terbilang moncer, namun kedua merek asal Jepang tersebut tetap akan memberikan penyegaran. Mengingat kedua mobil LCGC itu umurnya sudah menginjak hampir tiga tahun.

Saat ini Sigra ditawarkan dalam 10 varian dengan pilihan mesin 1.000cc tiga silinder dan 1.200cc empat silinder. Tersedia dalam transmisi manual dan matik, harganya mulai dari Rp114 juta sampai Rp154,75 juta on the road Jakarta. Sedangkan Calya empat varian dengan mesin 1.200cc tersedia versi manual dan matik, dibanderol Rp136,05 juta sampai Rp156,4 juta.

Bocoran Wujud

Sebelum resmi diluncurkan, penampakan Calya baru sudah bermunculan di jagat maya. Jika melihat tampang depannya, desain grill berlabur hitam jadi lebih besar sekilas mirip Avanza baru. Desain lampu depan juga berubah, penerangan utamanya sudah LED.

Di dalam lampu utama terlihat ada garis yang disinyalir sebagai DRL (daytime running light). Bukan hanya itu, cover lampu kabut juga dibuat minimalis, dengan aksen yang menyerupai kumis seperti Yaris baru. Dari samping tidak ada yang berbeda dari model sebelumnya.

Daihatsu Sigra


Hanya pelek model palang yang desainnnya dibuat berbeda dan tetap megandalkan warna dual tone. Sementara pada sektor belakang perubahannya hanya di cover tuas pembuka bagasi, tampaknya jadi lebih besar dilapisi krom.

Penampakan Sigra ubahannya tak beda jauh dari saudara kandungnya Calya. Namun, secara desain Daihatsu tampil lebih sporty dengan guritan-guritan tajamnya.

Lantas, benarkah demikian, dan bagaimana dengan harga barunya? Kita tunggu dalam beberapa jam ke depan.
Berita Terkait
hitlog-analytic