Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

PLN dan Grab Bangun Tempat Cas Mobil Listrik, Harga Lebih Murah

Charging Station PT PLN
Sumber :

100kpj – Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, mengatakan Perusahaan Listrik Negara akan berkerjasama dengan Grab untuk membangun Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Dia juga jamin buatan Indonesia akan jauh lebih murah dibandingkan buatan negara lain.

Luhut mengungkapkan bila Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) telah mampu membangun itu. Di mana, satu unit SPLU buatan BPPT bisa seharga Rp1,7 miliar.

Ini jauh lebih rendah dari harga-harga satu unit SPLU yang dibuat negara lain, yakni mencapai Rp13 miliar. Karenanya, dia menjamin bahwa SPLU untuk infrastruktur mobil listrik akan berasal dari produksi anak bangsa.

Mobil Listrik Dicas


"Intinya kita mau charging station-nya itu buatan Indonesia. Kebetulan BPPT sudah buat dan kemudian standarnya kita coba koneksikan supaya memenuhi standar internasional," tutur Luhut, seperti dilansir VIVAnews.

Lebih lanjut, dia mengatakan, pembangunan SPLU tersebut akan bisa dilaksanakan di berbagai wilayah Indonesia mulai tahun depan. SPLU hasil produksi BPPT akan bisa digunakan untuk kendaraan roda dua, mobil listrik ukuran konvensional hingga kendaraan-kendaraan besar.

Adapun untuk tarif listriknya, kata Luhut, diperkirakan bisa di kisaran Rp2.600 per kilowatt per jam. Angka tersebut dikatakannya bisa lebih murah, karena PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) masih melakukan perhitungan biaya penyesuaian untuk dipasok di SPLU yang akan dibangun BPPT.

"Tadi dibikin kalau enggak keliru angkanya Rp2.600 atau berapa per kWh. Tapi tadi apakah masih bisa potong sini atau potong sana atau bagaimana. Jadi masih dihitung," tuturnya.

Ilustrasi pengisian mobil listrik


Selain BPPT, lanjut dia, pembangunan SPLU akan dilakukan bersama dengan Grab, PLN, dengan investasi dari SoftBank. Perusahaan-perusahaan tersebut akan menentukan titik-titik yang pas supaya kehadiran SPLU bisa dijangkau semua pihak.

"Jadi di mana-mana charging station-nya dibuat, tentu dihitung lah semuanya. Sekarang mapping-nya sedang dilakukan tapi tadi semua sepakat pakai buatan Indonesia karena cost-nya jauh lebih murah," ujar Luhut.
Berita Terkait
hitlog-analytic