Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Komponen Sedikit, Biaya Produksi Mobil Listrik Lebih Mahal

Ilustrasi sistem kerja mobil listrik
Sumber :

100kpj – Jantung utama kendaraan listrik baterai, generator dan motor listriknya atau dinamo sebagai penggerak roda. Maka tidak heran jika mobil pelahap setrum memiliki komponen yang lebih sedikit ketimbang mobil bermesin bahan bakar.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Yohannes Nangoi mengatakan, mobil mesin pembakaran membutuhkan 30 ribu komponen. Sedangkan mobil listrik hanya 20 ribu komponen, maka industry akan berubah.

“Seperti muffler, radiator, slinder head tidak akan diperlukan (mobil listrik). Kita harus siap dengan perubahan itu, karena kalau tidak kita akan impor semua dari luar negeri. Indonesia akan jadi sasaran penjualan saja,” ujarnya di Jakarta.

Nangoi mengatakan, ongkos produksi lebih murah kendaraan konvensional meski secara komponen lebih banyak. Untuk membuat mobil bermesin bahan bakar atau combassion engine hanya diperlukan modal 15.000 dolar atau Rp213 juta.

“Tapi untuk hybrid harus ditambah lagi 2.300 dolar atau 17.300 dolar (Rp245juta). Sedangkan untuk plug-in hybrid yang baterainya lebih besar, ongkosnya lebih mahal kira-kira 9.000 dolar atau 24.000 dolar (Rp340 juta),” tuturnya.

Lebih lanjut Nangoi menjelaskan, untuk mobil listrik murni modal produksi satu unitnya lebih mahal ditambah 13.000 dolar dari ongkos pembuatan mobil plug-in hybrid. Totalnya 28.000 dolar satu unit mobil listrik murni atau Rp397 juta.

Berita Terkait
hitlog-analytic