Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ini Biang Kerok Suzuki Jimny Recall, Begini Dampaknya Jika Dibiarkan

Suzuki Jimny.
Sumber :

100kpj – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) recall Suzuki Jimny 3 pintu akibat fuel pump. Hanya sebagian, yaitu 448 unit yang diproduksi 20 November 2017, sampai 29 Agustus 2019. Gimana cara mengetahuinya?

Pemilik Suzuki Jimny 3 pintu bisa melihat kode tahun produksinya di STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor), nomor VIN yang terdampak adalah JSAGJB74VK5100010, dan JSAGJB74vk5100469.

Baca juga: Suzuki Jimny Recall di Indonesia, Pemilik Segera Bawa Mobil ke Bengkel Resmi

“Suzuki mengadakan kampanye ini untuk melakukan penggantian fuel pump set karena terdapat potensi degradasi kualitas pada komponen tersebut setelah penggunaan jangka panjang,” ujar Assistant to Service Department Head PT SIS, Hariadi, dikutip dari keterangannya, Selasa 16 April 2024.

Berdasarkan hasil evaluasi dan investigasi yang dilakukan Suzuki Motor Corporation, diperlukan penggantian komponen impeller fuel pump, atau baling-baling pada pompa bahan bakar yang ada di dalam tangki.

Komponen itu berpotensi berubah bentuk, atau deformasi melebihi standar ketentuan. Sehingga dampaknya pompa bahan bakar tidak berfungsi, dan menyebabkan mesin mobil tersendad, atau mati tiba-tiba.

“Masalah utama terdapat pada kondisi impeller penyalur bahan bakar pada Fuel Pump yang terbuat dari bahan resin, yang berpotensi berubah bentuk akibat ketidaksempurnaan kepadatan material,” tuturnya. 

Berita Terkait
hitlog-analytic