Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mulai Hari Ini Mobil Listrik Hyundai dan Kia Recall Gara-gara Cacat Produksi

Hyundai Ioniq 6
Sumber :

100kpj - Hyundai dan Kia yang merupakan perusahaan otomotif aliansi asal Korea Selatan menarik mobil listrik buatanya dari konsumen, alias recall untuk dilakukan perbaikan. Hal itu dilakukan karena ada masalah pada salah satu perangkat lunaknya.

Kementerian Pertanahan, Infrastruktur, dan Transportasi Keselamatan di negara asal brand itu mengumumkan, sebanyak 169.932 ribu unit mobil listrik Hyundai dan Kia mengalami masalah pada unit kontrol pengisian terintegrasi, atau ICCU.

Fitur Hyundai Bluelink di Ioniq 5

Melansir Reuters, Senin 18 Maret 2024, mobil listrik yang terdampak recall adalah Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, Genesis GV60, GV70 dan GV80 EV yang berjumlah 113.916 unit. Sedangkan Kia EV6 sebanyak 56.016 unit.

Diketahui beberapa mobil listrik yang bermasalah pada sistem pengisian daya listrik tersebut juga dipasarkan di Indonesia, yaitu Hyundai Ioniq 5 dengan status produksi lokal, sedangkan Ioniq 6 dan Kia EV6 masih impor alias CBU dari Korea Selatan.

Sementara Genesis yang merupakan brand mewah besutan Hyundai hanya model GV80 yang masuk Indonesia, sedan listrik tersebut bukan untuk dijual secara umum, melainkan hanya digunakan pada acara kenegaraan, dan sempat digunakan Presiden Jokowi.

ICCU yang baru dikembangkan pada rancang bangun E-GMP (Electric-Global Modular Platform) itu mewakili peningkatan dari pengisi daya terpasang yang sudah ada, yang biasanya hanya memungkinkan listrik mengalir dalam satu arah dari sumber daya eksternal.

Berita Terkait
hitlog-analytic