Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Toyota Avanza Veloz Cacat Produksi, Ini Bagian Paling Rumit saat Perbaikan

All New Avanza Veloz di GIIAS 2021

100kpj – Toyota Avanza, Veloz, Yaris Cross, Sienta, hingga Vios yang dijual di Indonesia melalui PT Toyota Astra Motor (TAM) ternyata cacat produksi, sehingga perlu dilakukan recall atau perbaikan unit secara gratis.

Untuk Sienta dengan tahun produksi Juni 2016 sampai April 2020 kerusakannya pada front garnish pillar yang dipasang ke pular A menggunakan klip dengan sealer khusus berbahan resin untuk menutup lubang klip. 

Baca juga: Toyota Recall Avanza-Veloz, Yaris Cross dan Sienta di Indonesia Ini Masalahnya

Karena daya tahan sealer, atau penyegel kurang maksimal menahan air, seiring waktu akan bocor sehingga air dapat mengalir dari pilar depan ke dalam kotak sambungan listrik yang terletak di ruang kaki pengemudi.

Jika begitu konektor pada kotak sambungan listrik bisa korslet, yang menyebabkan pengoperasian sistem kelistrikan tertentu seperti kunci pintu, sistem navigasi, dan lain-lain menjadi tidak tepat. 

Selain itu, pintu geser elektrik Sienta terbuka tiba-tiba saat berkendara di kecepatan berapapun, sehingga meningkatkan risiko kecelakaan, dan menciderai penumpang, maka aksen pengunci di pilar A itu segera diganti.

Teknisi akan periksa kebocoran air dengan menelusuri ke kotak sambungan listrik, dan reprogramming ECU PSD (Power Sliding Door), durasi pengerjaan sekitar 2-3 jam di luar menunggu antrian dan proses administrasi.

Berita Terkait
hitlog-analytic