Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pertama di Dunia Chery Omoda E5 Meluncur di Indonesia, Segini Harganya

Chery Omoda E5

100kpj - Indonesia menjadi negara pertama di dunia yang meluncurkan Chery Omoda E5, Senin 5 Februari 2024. Dalam bentuk konsep mobil listrik tersebut diberi nama Chery Omoda 5 EV yang pertama kali diperkenalkan pada 10 Agustus 2023.

Chery Omoda E5 memiliki konfigurasi 5-penumpang, desain ekteriornya terliat sporty dan agak berbeda dari versi konvensionalnya, terutama dari grill depan yang dibuat rapat menyatu dengan bodi utamanya.

"Selamat kepada seluruh jajaran Chery Sales Indonesia atas peluncuran Omoda E5 di Indonesia, kami memberikan apresiasi sebesar-besarnya mobil listrik ini telah memenuhi TKDN sebesar 40 persen," ujar Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melalui daring saat peluncuran di Jakarta.

Chery Omoda E5 diproduksi di pabrik PT Handal Motor Indonesia di Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat. Mobil SUV listrik itu mengantongi sertifikasi TKDN (Tingkat Komponen Dalam Lokal) 40,50 persen yang diterbitkan Kementerian Perindustrian.

Berkat nilai komponen lokal tersebut, Omoda E5 berhak mendapatkan insentif berupa diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10 persen, seperti yang tertuang dalam Peraturan Presiden Nomor 79 Tahun 2023 tentang perubahan atas Perpres Nomor 55.

SUV listrik itu mengandalkan baterai lithium ferrophosphate, atau LFP berkapasitas 61,06 kWh. Melalui pengujian WLTP (Worldwide Harmonized Light Vehicles Test Procedure) jarak tempuhnya 430 km, dan pengujian NEDC (New European Driving Cycle) daya jelajahnya sejauh 505 km.

Waktu yang dibutuhkan untuk proses pengisian dari kondisi baterai 30 persen sampai 80 persen hanya 30 menit dengan arus searah, alias DC fast charging. Untuk memberikan kepercayaan kepada konsumen, produsen asal China itu memberikan garansi baterai 8 tahun.

Berita Terkait
hitlog-analytic