Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Disebut Cawapres Gibran, Tom Lembong Sindir Nikel di RI Siap-siap Gak Laku

Baterai LFP pada mobil listrik
Sumber :

100kpj – Cawapres Gibran sempat menyebut nama Tom Lembong saat debat dengan Cawapres Muhaimin Iskandar, alias Cak Imin yang dianggap tidak mendukung nikel, melainkan membela LFP (Lithium Ferrophosphate).

"Ini kekuatan kita, ini bargaining kita, jangan malah membahas LFP. Itu sama saja mempromosikan produknya China pak. Saya enggak tahu ya pak Tom Lembong dan timsesnya sering diskusi dengan cawapresnya, masa cawapresnya enggak paham. Aneh loh," ujar Gibran saat debat Cawapres di JCC Senayan, Jakarta, Minggu 21 Januari 2024.

Baca juga: Gibran Sebut Tesla Pakai Nikel, Tom Lembong dan Ahok Tesla dan China Sudah Tinggalkan Nikel

Mobil Maung Pindad yang antar Prabowo dan Gibran ke KPU

Sebelumnya Thomas Lembong mantan Menteri Investasi dan Perdagangan, yang juga co-captain Tim Nasional Pemenangan Anies-Cak Imin sempat menyindir bahwa nikel bisa saja tidak laku di kemudian hari karena banyak alternatif untuk pembuatan baterai kendaraan listrik. 

“Harga nikel global di seluruh dunia sudah turun kurang lebih 30 persen dalam 12 bulan terakhir, dan diprediksi tahun depan ada surplus stok nikel di dunia yang terbesar sepanjang sejarah,” ujar Tom Lembong dikutip 

Banyaknya cadangan nikel di Indoensia menurutnya akan membawa malapetaka jika tidak disalurkan dengan benar, terlebih sejumlah pabrikan kendaraan sudah beralih menggunakan bahan besi untuk baterainya.

Berita Terkait
hitlog-analytic