Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Dibanggakan Cawapres Gibran, Ini Daftar Mobil Listrik di RI yang Gak Pakai Nikel

BYD Atto 3 vs MG ZS EV
Sumber :

100kpj – Calon wakil presiden, atau Cawapres Gibran Rakabuming Raka membanggakan besarnya cadangan nikel di Indonesia, sehingga memiliki punya peluang besar memenuhi kebutuhan baterai kendaraan listrik di dunia.

Cadangan nikel di Indonesia merupakan yang terbesar di dunia, tidak heran jika impor sumber alam tersebut disetop pemerintah. Hal itu bertujuan untuk mewujudkan ambisi menjadi raja kendaraan listrik di global.

Baterai mobil listrik, Wuling Air ev

Saat debat berlangsung, Gibran menilai bahwa Cawapres Muhaimin Iskandar dan timnya lebih mendukung LFP (Lithium Ferrophosphate) sebagai bahan baku baterai, bukan nikel yang dimiliki Indonesia.

"Ini kekuatan kita, ini bargaining kita, jangan malah membahas LFP. Itu sama saja mempromosikan produknya China pak," ujar putra Presiden Jokowi.

Di Indonesia mobil listrik besutan Tiongkok memang tidak menggunakan nikel sebagai salah satu bahan baku baterainya, sebut saja Wuling Binguo EV, Wuling Air ev, MG 4 ZS, MG ZS EV, BYD Seal, BYD Atto 3, dan BYD Dolphin.

Semua mobil listrik tersebut mengandalkan LFP, atau LIP (Lithium Iron Phosphate), menggabungkan bahan litium dengan besi sebagai material katoda, dan graft elektroda karbon dengan lapisan logam sebagai anoda.

Berita Terkait
hitlog-analytic