Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Investasi Rp18 Triliun VinFast Curi Perhatian Presiden Jokowi, BYD Cuma Penonton?

VinFast
Sumber :

100kpj – VinFast siap bangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia dengan nilai investasi mencapai 1,2 miliar dollar Amerika Serikat, atau setara Rp18 triliunan. Keseriusannya itu mencuri perhatian Presiden Jokowi, sedangkan BYD sampai sekarang masih jadi penonton.

Sebelum angka tersebut muncul pada tahun lalu, Jokowi diketahui kerap menemui petinggi negara asal brand itu dilahirkan, dan menerjunkan menterinya ke negeri naga biru tersebut.

Terbaru, orang nomor satu di RI itu mengunjungi pabrik VinFast di Kota Hai Phong, Vietnam, Sabtu 13 Januari 2024 bersama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Kepala Staf Presiden Moeldoko.

“Bersama Chairman VinFast Pham Nat Vuong, kami menunjau langsung pabrik mobil listrik VinFast, melihat proses perakitan, pemasangan baterai mobil, dan mencoba sensasi duduk di balik kemudi mobil listrik VinFast,” tulis status Instagram @jokowi, dikutip, Senin 15 Januari 2024.

Berdasarkan laporan pengajuan F-1 ke Komisi Sekuritas dan Bursa Amerika Serikat, nilai investasi VinFast untuk membuat mobil pelahap seterum di Tanah Air mencapai 200 juta dolar, atau setara Rp3 triliunan di 2024.

Untuk jangka panjangnya, dana segar itu bertambah hingga 1,2 miliar dolar, setara Rp18 triliun. Pabrik tersebut ditargetkan beroperasi pada 2026 dengan kapasitas produksi 50 ribu unit per tahun.

“Saya mendukung penuh rencana investasi VinFast di Indonesia. Ini merupakan industri yang berkembang sangat pesat, sehingga kehadiran VinFast di Indonesia akan membuat ekosistem kendaraan listrik di Indonesia lebih berkembang. Eksositem besar industri ini akan segera terbangun,” tulis Jokowi.

Berita Terkait
hitlog-analytic