Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menperin Agus Gumiwang Lobi Vietnam Bikin Mobil Listrik Bareng di RI

Menperin lobi Vietnam bikin mobil listrik bareng

100kpj – Untuk mengembangkan ekosistem kendaraan listrik, Indonesia mulai berkolaborasi dengan sejumlah negara, salah satunya Vietnam. Bahkan kedua negara berencana membuat mobil listrik bersama di Tanah Air.

Rencana tersebut muncul setelah Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita besama jajarannya bertemu langsung dengan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Vietnam, Nguyen Hong Dien di Hanoi.

Mobil listrik VinFast

Menperin menyampaikan kepada Menperindag Vietnam terkait potensi kerja sama kedua negara, diantaranya pengembangan kendaraan listrik, industri hijau, food security, maupun pendukung sektor industri lainnya.

“Kami mengundang pihak Kementerian Perindustrian dan Perdagangan Vietnam untuk terus melakukan diskusi dengan kami dalam rangka memperkuat kerja sama dan kolaborasi ini,” ujar Agus dikutip dari keterangan resminya, Jumat 12 Januari 2024.

Indonesia memiliki pangsa pasar terbesar di sektor otomotif, menurutnya dengan kepemilikan mobil 19,1 juta unit, motor 128 juta unit, dan proyeksi permintaan baterai kendaraan listrik diperkirakan semakin meningkat ke depan.

Melalui data Safeguard Global, Indonesia masuk peringkat ke-10 dengan nilai global manufacturing sebesar 1,4 persen, kemudian melalui data World Population Review, menempati peringkat ke-12, dan Vietnam ke-23.

Berita Terkait
hitlog-analytic