Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Chery Omoda E5 Bakal Dapat Insentif Mobil Listrik CKD, Harga di Bawah Rp500 Juta?

Mobil listrik Chery Omoda E5
Sumber :

100kpj – PT Chery Sales Indonesia (CSI) akan meluncurkan harga Chery Omoda E5 dalam waktu dekat, dan mobil listrik rakitan lokal tersebut berpotensi menikmati insentif CKD (Completely Knock Down) dari pemerintah.

“Saat ini masih dalam proses (untuk dapat insentif CKD), kita akan launching dalam waktu dekat,” ujar Head of Marketing CSI, Mohamad Ilham Pratama kepada 100kpj, Jumat 12 Januari 2024.

Melalui Peraturan Menteri Investasi/BKPM Nomor 6 Tahun 2023, mobil listrik CKD mendapatkan keringanan berupa bea masuk nol persen, dan PPnBM (Pajak Penjualan atas Barang Mewah) ditanggung pemerintah.

Dalam Permenves itu tertulis bahwa mobil listrik CKD yang mendapatkan insentif nantinya wajib memiliki TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri) paling rendah 20 persen, paling tinggi kurang dari 40 persen.

Realisasi menggunakan komponen lokal tersebut ditargetkan paling cepat pada 1 Januari 2026, dan paling lambat akhir 2027. Artinya pabrikan perlu berkomitmen produki lokal agar menikmati insentif saat statusnya CKD.

Chery Omoda E5 mulai dirakit di pabrik PT Handal Motor Indonesia, Pondok Ungu Bekasi, Jawa Barat sejak 2 Desember 2023, dan akan dikirim ke konsumen, sekaligus merilis harga resminya pada tahun ini.

Dalam bentuk konsep mobil listrik tersebut diberi nama Chery Omoda 5 EV yang pertama kali diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang, pada 10 Agustus.

Berita Terkait
hitlog-analytic