Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beda Kelas Sama Neta dan Chery, VinFast Ogah Numpang Pabrik di RI Gegara Ini

Mobil sedan buatan VinFast Vietnam
Sumber :

100kpj – VinFast memiliki startegi yang berbeda dengan Neta dan Chery di pasar Indonesia. Merek mobil nasional asal Vietnam tersebut memilih untuk bangun pabrik sendiri, bukan menumpang di perusahaan lain.

Chery dan Neta saat ini memanfaatkan pabrik milik PT Handal Motor Indonesia di Pondok Ungu, Bekasi untuk merakit produk-produk mereka. Sehingga secara investasi tidak sebesar VinFast yang berdiri sendiri.

Pabrik mobil listrik VinFast di Vietnam

Namun kenuntungannya kedua merek asal China itu tidak  butuh waktu lama untuk menyandang status produknya rakitan lokal, meski tidak semua komponen buatan dalam negeri.

Kemudian kuota unit yang dibutuhkan pasar lebih mudah dikontrol, dibandingkan impor secara utuh, alias CBU (Completely Built Up). Karena statusnya sekadar numpang, maka tidak butuh dana investasi besar.

Misalnya Chery saat ingin merakit mobil listrik Omoda E5 yang hanya menggelontorkan Rp250 miliar, sedangkan Neta sebagai startup sampai saat ini masih menutup rapat informasi terkait nilai investasinya di RI.

Beda kelas dengan VinFast, merek asal negeri naga biru tersebut setara dengan Wuling, Hyundai, dan beberapa merek pendatang baru lainnya yang memilih untuk membuat pabrik sendiri dengan investasi besar-besaran.

Berita Terkait
hitlog-analytic