Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Kaleidoskop 2023: Mobil Listrik Baru Harga Murah yang Hadir di Indonesia

Pengisian mobil listrik Neta V

100kpj – Sepanjang 2023 banyak mobil listrik baru meluncur di Indonesia. Namun hanya ada beberapa model yang dijual dengan harga terjangkau, tapi sebagian besar mobil listrik harga murah berasal dari brand China.

Pertama ada Wuling Air ev Lite yang hadir pada Agustus 2023. Mobil listrik itu merupakan varian terendah dari versi yang sudah ada, pembedanya tidak memiliki sistem hiburan, seperti head unit, dan hanya punya satu speaker.

Wuling Air ev Lite

Untuk tipe Lite dapur pacunya serupa dengan Standard Range yang hadir sejak tahun lalu, yaitu mengandalkan baterai lithium ferro-phosphate (LFP) berdaya 17,3 kWh dengan jarak tempuh 200 kilometer,

Mobil listrik imut itu dibekali dinamo, atau motor listrik penggerak 30 kilowatt, atau setara 40,23 dk, dan torsi 110 Nm, tenaganya dialirkan melalui transmisi model reduction gear, satu percepatan ke roda belakang.

Air ev Lite dirakit di dalam negeri dengan komponen lokal sesuai aturan pemerintah. Sehingga dapat diskon PPN (Pajak Pertambahan Nilai) 10 persen, dan harganya dari Rp206 juta menjadi Rp188,9 juta on the road.

Bersaing dengan mobil listrik pertama PT Sokonindo Automobile alias DFSK, yaitu Seres E1 yang dijual Agustus 2023. Mobil listrik itu dilego Rp189 juta untuk tipe terendah, dan secara dimensi agak mirip Air ev. 

Berita Terkait
hitlog-analytic