Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Moeldoko Akui Indonesia Belajar Mobil Listrik dari China

Kepala Staff Presiden, Jendral Moeldoko
Sumber :

100kpj - China menjadi salah satu negara dengan penjualan mobil listrik terbesar di dunia, dan penghasil kendaraan listrik terbesar. Tidak heran jika Kepala Staff Kepresidenan Moeldoko mengaku Indonesia terinspirasi dengan negara tersebut.

Tidak heran jika China sangat fokus menggenjot kendaraan pelahap seterum, karena secara industri mereka terbilang ketinggalan jika ingin bersaing di kendaraan bermesin bahan bakar dibandingkan Jepang, atau Eropa.

Presiden Jokowi saat melihat charging station PLN

Sementara negeri tirai bambu itu memiliki bahan baku utama baterai, yaitu lithium. Sehingga saat era ramah lingkungan, di mana sejumlah negara fokus menekan emisi bahan bakar, mereka gencar membuat kendaraan tanpa emisi melalui tenaga listrik.

Di Indonesia cukup banyak merek mobil asal China yang menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air dengan menawarkan kendaraan elektrifikasi, diantaranya Wuling, Chery, Neta, MG, DFSK, dan akan datang seperti Great Wall Motor (GWM), dan BYD sebagai merek kendaraan listrik terlaris.

Pesatnya industri kendaraan listrik di China, membuat beberapa negara ingin mengikuti jejaknya, atau sekadar terinspirasi seperti halnya Indonesia.

"Liuzhou (Kota di China) menjadi inspirasi bagi kita dalam mewujudkan mobilitas ramah lingkungan, terutama dengan penggunaan mobil listrik," ujar Moeldoko dikutip Antaranews, Senin 11 Desember 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic