Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Penjualan Mobil Listrik Tesla Anjlok, Gara-gara Elon Musk Dukung Israel?

Tesla Model Y meluncur di Malaysia
Sumber :

100kpj –  Penjualan mobil listrik (EV) buatan China dari produsen mobil Amerika Serikat Tesla turun 17,8 persen pada bulan November. Data tersebut diambil dari China Passenger Car Association (CPCA), Senin 4 Desember 2023.

Angka tersebut turun dibandingkan dengan bulan yang sama tahun sebelumnya, menjadi 82.432 mobil. Dikutip dari Reuters, Selasa 5 Desember 2023, angka tersebut menandai penurunan terbesar sejak Desember 2022.

Di mana, penjualan kendaraan listrik buatan China oleh Tesla turun 21 persen secara tahunan. Ini karena produsen mobil Amerika itu mengurangi produksi dan menurunkan harga untuk mengatasi penumpukan stok dan permintaan yang melemah.

Tesla di China. Foto: WSJ.

Tapi, di sisi lain pengiriman mobil Tesla Model 3 dan Model Y buatan China naik 14,3 persen dibandingkan dengan bulan Oktober. Sedangkan BYD yang jadi pesaingnya, mencatatkan rekor lain dengan pengiriman kendaraan penumpang sebanyak 301.378 unit pada bulan November.

Tercatat, naik 0,09 persen dari Oktober dan 31 persen dari tahun sebelumnya. Tesla telah berada di bawah tekanan untuk menangkal persaingan di pasar otomotif terbesar di dunia, meskipun pesona CEO Elon Musk di China terus berlanjut.

Elon Musk telah bertemu dengan Presiden China Xi Jinping sebelum acara makan malam di sela-sela KTT APEC di San Francisco pertengahan November lalu. Xi Jinping menyatakan dukungannya untuk pengembangan Tesla di China.

Berita Terkait
hitlog-analytic