Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Jokowi Berambisi Indonesia Produksi 600 Ribu Mobil Listrik di 2030

Presiden Jokowi.
Sumber :

100kpj –  Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan bahwa Indonesia akan mulai produksi kendaraan listrik di 2024. Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam mewujudkan ekosistem kendaraan listrik di Tanah Air.

Jokowi mengungkapkan hal tersebut saat pidato di acara KTT Asia-Pacifif Ecnomic Coooperation (APEC), San Francisco, Amerika Serikat. Dia juga menjelaskan bahwa Indonesia merupakan negara dengan cadangan nikel dan mineral kritis terbesar di dunia.

Presiden Jokowi Esemka Bima EV

Cadangan tersebut dinilai dapat digunakan untuk memproduksi kendaraan listrik. Indonesia pun tengah membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi.

"Sebagai pemilik cadangan nikel terbesar di dunia, beragam mineral kritis lainnya, Indonesia tengah berproses membangun ekosistem EV terintegrasi," kata Jokowi seperti dikutip dari tayangan di YouTube Sekretariat Presiden, Jumat 17 November 2023.

Dengan modal tersebut, Jokowi menyebutkan Indonesia sudah bisa memproduksi kendaraan listrik pada tahun 2024 mendatang. Targetnya pun cukup besar, di mana Indonesia sedikitnya bisa produksi 600 ribu mobil listrik di tahun 2030.

"Menargetkan memproduksi 600 ribu mobil listrik di tahun 2030 yang akan kita mulai tahun depan," ucapnya.

Berita Terkait
hitlog-analytic