Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pilihan Makin Banyak, Ini Daftar Mobil Listrik Paling Laku di RI Menjelang Akhir Tahun

Wuling Air ev di KTT Asean Jakarta
Sumber :

100kpj – Pilihan mobil listrik di RI semakin beragam mulai dari city car, sedan, sampai SUV tersedia. Sejumlah brand berlomba-lomba menawarkan mobil listrik dengan desain, spesifikasi, dan harga yang berbeda-beda.

Sebagian besar mobil listrik yang melantai di dalam negeri statusnya masih impor utuh dari masing-masing negara brand itu berasal. Hanya ada dua model yang dirakit lokal, yaitu Wuling Air ev dan Hyundai Ioniq 5.

Hyundai Ioniq 5 Paspampres

Air ev hadir dalam tiga varian, dan Ioniq 5 sebanyak empat varian. Keduanya memiliki kandungan lokal 40 persen sesuai standar pemerintah untuk mendapatkan insentif berupa potongan PPN (Pajak Pertambahan Nilai). 

Setelah mendapatkan keringanan tersebut penjualannya terus meningkat, dan sampai saat ini atau menjelang akhir tahun masih menjadi mobil listrik paling laku meski sudah banyak pilihan mobil pelahap seterum.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia, Wuling Air ev menjadi paling laris, penjualan wholesales atau distribusi pabrik ke diler sepanjang Oktober 2023 menorehkan angka 776 unit.

Dari angka tersebut, Air ev tipe Long Range terjual 420 unit, Standard Range 100 unit, dan Lite yang merupakan varian terbaru yang hadir pada Agustus tahun ini berhasil terjual 256 unit di bulan lalu.

Berita Terkait
hitlog-analytic