Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Ambisi Toyota Biar Gak Tergusur BYD dan Tesla, Bikin Mobil Listrik Pakai Baterai Korea

Toyota Yaris Cross Hybrid
Sumber :

100kpj – Sejumlah merek mobil Jepang perang dengan brand pendatang baru yang gencar melahirkan kendaraan listrik berbasis baterai. Berbagai cara dilakukan agar tetap bersaing, seperti Toyota Motor Corporation.

Toyota siap meningkatkan produksi mobil listriknya secara global agar tidak tergusur dengan merek-merek baru, seperti BYD asal China, dan Tesla dari Amerika Serikat yang saat ini sebagai penguasa pasar mobil listrik.

Baterai buatan Toyota Indonesia

Di balik kapasitas produksi kendaraan pelahap seterum Toyota yang akan meningkat, ternyata jenama asal negeri sakura itu menggandeng LG Energy Solution Ltd sebagai pembuatan baterai asal Korea Selatan.

Dalam keterangan resminya yang dilaporkan Yonhap, dikutip Selasa 10 Oktober 2023, LG dan Toyota sudah sepakat melakukan kerjasama hingga 10 tahun untuk baterai mobil listrik yang diproduksi di Amerika Serikat.

Tanda tangan kolaborasi itu melalui pabrikan kedua brand di negara tersebut, yaitu Toyota Motor Engineering and Manufacturing North Amerika, Inc, dan LG Energy Solution Michigan, Inc.

Nilai investasi yang digelontorkan LG untuk bangun pabrik baterai sebesar 20 GWh di Michigan, pada 2025 itu senilai 4 triliun won, atau setara Rp46 triliun. Nilai yang besar untuk pembuatan baterai lithium-ion mobil Toyota. 

Berita Terkait
hitlog-analytic