Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Luhut Binsar Pandjaitan: 2025 Indonesia Bisa Bikin Mobil Listrik Sendiri

Presiden Jokowi saat melihat charging station PLN
Sumber :

100kpj - Indonesia menjadi negara dengan cadangan nikel terbesar di dunia, tidak heran jika pemerintah punya ambisi besar menjadi pemain inti dalam ekosistem kendaraan listrik di pasar global, karena nikel sebagai bahan baku utama baterai.

Mengingat baterai menjadi jantung utama dari kendaraan listrik, ada potensi besar Indonesia menciptakan mobil pelahap seterum sendiri. Hal itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.

"Pada 2025, atau 2026 Indonesia sudah bisa memiliki mobil listrik sendiri yang dibuat oleh anak bangsa," ujar Luhut, dikutip, Antaranews, Jumat 15 September 2023.

Terkait nama, atau model mobil listrik nasional itu belum diumumkan lebih lanjut oleh Menko Marves, namun langkah awal pemerintah menggandeng brand mobil asal China, yaitu Geely untuk pengembangan mobil pelahap seterum di dalam negeri.

"Kita sudah berbicara dengan pihak Geely sejak beberapa bulan lalu, dan puncaknya pada dua hari lalu di mana kita menawarkan riset bersama untuk membuat mobil EV di Indonesia," tuturnya.

Menurutnya rencana kolaborasi tersebut sudah disejutui Presiden Jokowi, sehingga ini menjadi kesempatan besar bagi Indonesia melahirkan kendaraan ramah lingkungan dengan brand sendiri, karena Geely pun menyambut baik.

"Kapan lagi kita punya mobil EV karya Indonesia. Jadi risetnya kita bersama-sama dan kita lakukan lompatan jauh atau leapfrog," kata Purnawirawan Panglima TNI itu.

Berita Terkait
hitlog-analytic