Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Pesaing Pertalite Hilang, SPBU BP-AKR Diam-diam Berhenti Jualan BBM RON 90

SPBU BP AKR
Sumber :

100kpj – Untuk menuju ramah lingkungan, kualitas bahan bakar minyak atau BBM di Indonesia pada tahun depan akan ditingkatkan. Hal itu sudah tertuang dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup, dan Kehutanan. 

Melalui kebijakan tersebut, BBM yang boleh beredar minimal memiliki research octan number, alias RON 91. Tidak heran jika Pertamina akan hapus Pertalite (RON 90) dan digantikan oleh Pertamax Green 92.

Baca juga: Ada 3 Jenis BBM Pertamina di 2024 untuk Mesin Bensin Lebih Banyak Etanol

SPBU BP AKR

Sebelum aturan itu diterapkan perusahaan minyak swasta asal Inggris, yaitu PT Aneka Petroindo Raya, atau BP-AKR lebih dulu menghapus produknya yang merupakan pesaing Pertalite, yaitu BP RON 90 di seluruh SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum).

“Per tanggal 1 Agustus 2023 BP-AKR tidak lagi menyediakan, dan menjual bahan bakar BP 90 di semua SPBU BP di wilayah Jabodetabek maupun Jawa Timur,” tulis keterangan resminya yang diterima 100kpj, Kamis 14 September 2023. 

Masih dalam keterangannya, menghilangkan BBM dengan kandungan oktan paling rendah itu seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat menggunakan bahan bakar berkualitas dengan RON yang lebih tinggi.

Berita Terkait
hitlog-analytic