Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bukan Sewa, Paspampres Beli Mobil Listrik Rp800 Jutaan Ini Sebanyak 42 Unit

Hyundai Ioniq 5 Paspampres

100kpj – Mobil listrik yang digunakan sejak G20 Bali, sampai rangkaian KTT Asean di Labuan Bajo, dan Jakarta statusnya hanya sekadar pinjaman, dari masing-masing produsen seperti Hyundai, Toyota, Lexus, BMW, dan Wuling.

Mobil listrik dengan status pinjaman tersebut digunakan untuk mobilitas kepala negara yang hadir, operasional, hingga pengawalan yang meliputi Hyundai Ioniq 5, Ioniq 6, BMW i7, Wuling Air ev, dan Lexus UX300e. 

Hyundai Ioniq 5 mobil keamanan petinggi negara di KTT Asean

Namun tidak semua kendaraan listrik yang hadir saat meramaikan acara kenegaraan itu statusnya pinjaman, misalnya armada Pasukan Pengamanan Presiden, atau Paspampres.

“Tahun lalu Paspampres membeli total 42 kendaraan listrik, termasuk Ioniq EV, dan Ioniq 5, dan menggunakannya untuk keperluan keamanan, dan protocol,” tulis keterangan PT Hyundai Motor Indonesia, dikutip Senin 11 September 2023.

Saat acara kenegaraan berlangsung, seperti halnya KTT Asean ke-43 yang baru saja terselenggara di Jakarta pada 5-9 September 2023, masing-masing unit mobil listrik itu dipakai untuk pengawalan setiap delegasi negara.

Hyundai Ioniq 5 adalah mobil listrik pertama yang dibuat di Indonesia dengan komponen lokal di atas 40 persen. Sedangkan komponen utama baterainya masih berstatus impor, hanya sekadar di rakit di dalam negeri.

Berita Terkait
hitlog-analytic