Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Akhirnya Indonesia, Jepang, Korea, dan China Bersatu Bikin Ekosistem Kendaraan Listrik

Presiden Jokowi saat melihat charging station PLN
Sumber :

100kpj – Mempercepat ekosistem kendaraan listrik di sebuah negara untuk menuju ramah lingkungan dibutuhkan kolaborasi. Seperti dilakukan pemerintah Indonesia, bersama Korea Selatan, Jepang, dan China.

Melalui Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT Asean ke-43 yang berlangsung di Jakarta Convention Center, Senayan, akhirnya kerjasama itu terwujud, dan diumumkan langsung Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi.

Toyota Yaris Cross Hybrid

Kesepakatan kerjasama ekosistem kendaraan listrik yang melibatkan tiga negara tersebut ditandai dengan dokumen ‘Asean Plus Three Leaders Statement on Developing Electric Vehicle Ecosystem’.

Menlu mengatakan, adopsi dokumen tersebut merupakan implementasi dari kesepakatan para pemimpin ASEAN terhadap pengembangan ekosistem kendaraan listrik saat KTT ke-42 Asean di Labuan Bajo.

“Ini adalah penerjemahan, atau implementasi dari kesepakatan Asean yang kemudian mendapatkan dukungan kerja sama dengan negara-negara plus three-nya (RRT, Jepang, Republik Korea),” ujar Menlu dikutip laman Menpan RB, Kamis 7 September 2023.

Di Indonesia ada sejumlah brand kendaraan yang berasal dari ketiga negara tersebut. Untuk RRT, atau Republik Rakyat Tiongkok, ada Wuling Motors, dan pendatang baru seperti Chery, Neta, hingga Great Wall Motor.

Berita Terkait
hitlog-analytic