Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Beda Kelas, Nasib Mobil Listrik China, dan Jepang vs Eropa di KTT Asean Jakarta

50 unit Wuling Air ev untuk KTT Asean
Sumber :

100kpj - Konfrensi Tingkat Tinggi, atau KTT Asean ke-43 berlangsung di Jakarta pada 5-7 September 2023, sejumlah produsen telah memberikan mobil listrik untuk keperluan mobilitas para tamu negara saat tiba di Indonesia.

Sebanyak 510 unit mobil listrik yang dipinjamkan dari berbagai produsen kendaraan di Indonesia, mulai dari Hyundai Motor Indonesia (HMID), Toyota Astra Motor (TAM), BMW Group Indonesia, dan Wuling Motors.

BMW i7 jemput tamu negara KTT Asean

Untuk Hyundai ada 272 unit Ioniq 5, dan Ioniq 6 sebagai produk terbarunya diserahkan 74 unit. Lalu Wuling Air ev sebanyak 150 unit, BMW i7 xDrive Gran Lusso 13 unit, dan Toyota bZ4X jumlahnya 65 unit.

Semua mobil listrik tersebut memiliki tugas yang berbeda-beda selama KTT Asean ke-43. Pertama ada Hyundai Ioniq 5 yang disediakan sebagai operasional panitia, protokoler, atau pengamanan kenegaraan.

Kemudian Ioniq 6 sebagai kendaraan VVIP pasangan dari delegasi negara. Berbeda dengan tugas Toyota bZ4X yang digunakan pejabat tinggi setingkat menteri dari berbagai negara saat ingin menghadiri acara, atau konferensi, seperti dikutip dari laman Sekretariat Negara.

Sementara Wuling Air ev sebagai mobil listrik paling murah dari yang lainnya, tugasnya bukan untuk kendaraan para tamu negara, melainkan hanya sebagai operasional penyelenggara KTT Asean.

Berita Terkait
hitlog-analytic