Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Tahun Depan Pertamina Hapus Pertalite, Tidak Ada Lagi BBM Subsidi?

SPBU Pertamina yang menjual BBM Pertamax Green 95
Sumber :

100kpj - PT Pertamina Persero sampai saat ini masih menawarkan bahan bakar minyak, atau BBM bersubsidi, untuk mesin bensin ada Pertalite dengan RON 90, dan mesin diesel ada biosolar.

Kedua BBM tersebut menjadi yang paling murah dibandingkan jenis lain, seperti Pertadex, dan keluarga Pertamax. Soal harga, sejak Februari 2023 banderol Pertalite masih bertahan di Rp10 ribu per liter, dari sebelumnya Rp7.650 per liter.

SPBU Pertamina

Mengingat penggunaan BBM subsidi itu dinilai tidak tepat sasaran, Pertamina mulai membatasi pengisian Pertalite, dan mencatat pelat nomor kendaraan, terutama mobil saat melakukan pengisian bahan bakar tersebut di SPBU.

Setelah membatasi penggunaan Pertalite, kini pemerintah terus berusaha menyediakan BBM yang lebih berkualitas, agar menekan emisi gas buang dari kendaraan bermotor, dan mencari alternatif lain.

Salah satunya mencampur minyak fosil dengan sari tanaman, atau etanol. Selain lebih ramah lingkungan, penggunaan bioetanol dapat mengurangi penggunaan minyak fosil sebagai bahan dasarnya, yang sudah diterapkan Pertamina melalui Pertamax Green 95.

Untuk memuluskan rencana tersebut, Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati, meminta dukungan dari sejumlah stakeholder agar membebaskan pajak cukai etanol, yang nantinya sebagai bahan dasar BBM jenis baru pengganti Pertalite di tahun depan.

Berita Terkait
hitlog-analytic