Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Sukses Jualan Mobil Listrik, Hyundai Indonesia Tak Tertarik Merambah ke Segmen Hybrid?

Hyundai Ioniq 6
Sumber :

100kpj – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) makin moncer dalam penjualan mobil listriknya, mulai dari Kona Electric, Ioniq 5 hingga yang terbaru adalah Ioniq 6. Dengan situasi tersebut, apakah Hyundai tertarik untuk bermain juga di segmen mobil hybrid di Tanah Air seperti pabrikan otomotif lainnya?

Seperti diketahui, banyak pabrikan asal Jepang yang memilih untuk menawarkan berbagai teknologi kendaraan elektrifikasi, termasuk mobil hybrid. Sementara Hyundai, saat ini belum memiliki lini mobil hybrid di Indonesia.

Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Astrid Ariani Wijana mengatakan sejak HMID berdiri di Indonesia, Hyundai melihat elektrifikasi menjadi tujuannya. Dan mobil listrik dinilai pabrikan asal Korea Selatan ini sebagai jawaban untuk mengatasi masalah emisi dan polusi udara.

"Hyundai dari pertama kali masuk ke Indonesia memang pada saat itu kami masuk untuk melihat elektrifikasi dan makanya kenapa memang untuk menjadi pabrikan otomotif dengan image yang berbeda, game changer, and being innovative, terutama sejalan dengan visi dan misi progres kemanusiaan, saat ini kami menilai memang mobil listrik adalah jawaban kami untuk mencapai net zero emisi," ujar Astrid di sela-sela media test drive Hyundai Stargazer X di Solo, Jawa Tengah, Senin 28 Agustus 2023.

Saat ditanya apakah Hyundai akan bermain di segmen mobil hybrid atau tidak, Astrid belum bisa memberikan jawaban pastinya. Menurutnya, Hyundai akan melihat pasar di Indonesia lebih dahulu, serta bagaimana permintaan konsumen.

"Tentunya sebagai brand yang selalu berusaha mendengarkan konsumen dan itu kita akan dengar, jadi aku tidak bisa menjawab sekarang apakah memang kami akan selalu berada di ranah full electric atau apakah nanti juga akan ada renewable energy yang lain yang akan diambil, tapi untuk saat ini memang kami berada di jalur full electric," lanjutnya.

Di negara asalnya sendiri, Hyundai sudah menjual beberapa mobil hybrid, hingga model-model seperti Santa Fe, Kona, dan Tucson juga disuntik teknologi hybrid di sana. Saat ini, Hyundai Ioniq 5 masih memimpin penjualan mobil listrik mereka di Tanah Air, terbukti dengan mendapatkan antusiasme tinggi dari konsumen dengan total raihan 776 SPK saat pameran GIIAS 2023 pada 10-20 Agustus 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic