Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Polusi Udara di Jakarta Semakin Buruk, Mobil Ini Harus Pakai BBM Kualitas Tinggi

Tips biar lolos saat uji emisi
Sumber :

100kpj – Belakangan ini polusi udara di Jakarta menjadi sorotan. Emisi dari berbagai sektor, termasuk pabrik, hingga kendaraan bermesin pembakaran membuat kualitas udara di Ibu Kota semakin memburuk.

Melansir data situs pemantau kualitas udara, beberapa hari terakhir menunjukkan indeks kualitas udara di Jakarta berada di angka 170, masuk dalam kategori tidak sehat dengan polusi PM2.5.

Ilustrasi polusi udara di DKI Jakarta

Salah satu cara mengatasi hal tersebut, mobil dengan mesin berkapasitas besar direkomendasikan untuk menggunakan bahan bakar minyak, atau BBM dengan kandungan oktan tinggi.

Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono mengatakan, kendaraan bermotor dengan mesin yang volume silindernya di atas 2.400ccmenggunakan BBM dengan RON 98, karena secara emisi lebih baik.

“Kalau dari pabrikan memang sudah menggunakan bahan bakar Euro IV, contohnya di atas 2.400cc, itu harus pakai Pertamax Turbo,” ujar Heru dikutip dari Antaranews, Selasa 15 Agustus 2023.

Saat ini BBM dengan kandungan oktan setara Pertamax Turbo, ada Shell V-Power Nitro plus, selebihnya untuk bahan bakar bensin dengan oktan tinggi didominasi RON 95 seperti BP AKR, dan Vivo. 

Berita Terkait
hitlog-analytic