Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Produksi Mobil Listrik Neta di RI ada Campur Tangan Keluarga Cendana?

Mobil listrik Neta S di Pelabuhan
Sumber :

100kpj – Mobil listrik Neta untuk pasar Indonesia akan diproduksi lokal. PT Neta Auto Indonesia sebagai produsen memanfaatkan fasilitas pabrik PT Handal Indonesia Motor (HIM) di Pondok Unggu, Bekasi, Jawa Barat.

Artinya mobil listrik Neta dirakit bersama dengan Chery yang sudah lebih dulu hadir di RI. Menurut situs resmi HIM, pabrik tersebut sejak 1993 dimiliki PT Tricitra Karya, memasuki 1995 mulai merakit mobil Hyundai.

Produksi mobil Neta di RI ada campur tangan keluarga cendana

Pada tahun 2000-2020 pabrik tersebut berganti nama menjadi PT Hyundai Indonesia Motor, hingga akhirnya menjadi PT Handal Indonesia Motor pada 2020, sampai sekarang.

Seperti diketahui, keluarga cendana atau lebih tepatnya Bambang Trihatmodjo merupakan salah satu pemilik pabrik tersebut, yang digunakan untuk melahirkan mobil-mobil Hyundai.

Namun tidak ada informasi terbaru, apakah pabrik tersebut masih dikendalikan oleh putra mantan Presiden Soeharto itu, atau tidak. Namun dalam struktur perusahaan, Jongkie D Sugiarto sebagai Wakil Komisaris Utama PT HIM.

Saat ini pabrik tersebut masih digunakan perakitan, atau CKD (Completely Knock Down) mobil Hyundai untuk ekspor, lalu Chery di pasar dalam negeri, dan Neta yang akan mulai menjalankan produksinya pada kuartal dua tahun ini.

Berita Terkait
hitlog-analytic