Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap Bikin Mobil Listrik di Indonesia, Menperin Agus Gumiwang Sambangi BYD ke China

Mobil listrik China BYD Atto 3
Sumber :

100kpj – BYD merupakan salah satu merek mobil terbesar di China. Beberapa kendaraan listrik buatannya sudah mengaspal di Indonesia, digunakan sejumlah perusahaan seperti halnya Blue Bird, dan bus TransJakarta.

Bukan sekadar mendatangkan produknya ke pasar dalam negeri dengan status impor utuh, namun BYD akan mengucurkan dana untuk mendirikan pabrik mobil listrik di Indonesia.

BYD Bus Listrik Bakeri

Sebelum menancapkan kuku bisnisnya di Tanah Air, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita sambangi markas BYD di Guangdong, China yang dijadwalkan pada 3-6 Juli 2023.

“Hal ini juga sejalan dengan visi mewujudkan ASEAN yang lebih hijau, dan berkelanjutan melalui keterlibatan sektor swasta yang aktif, dan dengan orkestrasi Kawasan yang terkoordinasi,” ujar Menperin dikutip dari keterangannya, Rabu 5 Juli 2023.

Lebih lanjut Agus menjelaskan, Indonesia membuka peluang kolaborasi dengan banyak negara untuk industri otomotif, terutama ekosistem kendaraan listrik, salah satunya menggandeng BYD dan produsen lainnya.

Sebelumnya pada Mei 2023, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan menandatangani nota kesepahaman dengan BYD di China, sebagai langkah awal untuk investasi pengembangan kendaraan listrik.

Berita Terkait
hitlog-analytic