Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Teknologi AI Dipasang di 20 Titik Simpang Jakarta untuk Urai Macet, Gimana Cara Kerjanya?

Macet di Jakarta
Sumber :

100kpj – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengklaim telah menetapkan teknologi Artificial Intelligence (AI) di 20 simpang lampu lalu lintas di Ibu Kota guna mengurai kemacetan. Lantas, bagaimana cara kerja dari teknologi AI ini dalam mengatasi permasalahan macet di Jakarta?

Proyek Green Light ini menggandeng Google dalam pembentukan teknologi kecerdasan buatan ini disebut telah diterapkan sejak bulan April lalu. Rencananya, Dishub DKI bakal melakukan penambahan 40 titik lagi.

"Ada 20 simpang yang sudah menerapkan prinsip AI dengan Intelligent Transportation System di traffic light. Tahun ini akan ada penambahan 40 simpang lagi," ucap Kepala Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta, Syafrin Liputo kepada wartawan, dikutip Senin 3 Juli 2023.

Syafrin Liputo pun menjelaskan cara kerja dari sistem AI pada lampu lalu lintas tersebut. Menurutnya, teknologi ini bakal menjalankan fungsi adaptive forces, di mana sistem tersebut melihat simpang yang lebih padat.

Lalu, lampu hijau pada lalu lintas di arus padat itu bakal dibuat dengan durasi yang lebih lama. Alhasil, pengaturan lampu lintas akan berjalan otomatis, tidak perlu lagi diatur dari jauh.

"Kalau selama ini kan pengaturannya manual atau dari control room kita. Nah sekarang langsung di tempat. Misalnya sisi utara-selatan, yang paginya di selatannya padat, maka otomatis sistem akan menghitung memberikan waktu paling panjang di kaki sisi selatan karena titiknya menuju ke arah sana,” ujarnya.

Macet saat PPKM Darurat
Berita Terkait
hitlog-analytic