Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bulan Ini Pertamina Siap Jual BBM Baru di SPBU, Campuran Pertamax dan Tebu

SPBU Pertamina
Sumber :

100kpj – Untuk menuju ramah lingkungan, ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam menekan emisi dari mesin pembakaran. Selain mengandalkan tenaga listrik, cara lainnya adalah mengubah kandungan bahan bakar.

Mengubah kandungan bahan bakar yang dimaksud mencampurkan minyak fosil dengan minyak nabati atau dari tumbuh-tumbuhan. Cara itu sudah dilakukan di berbagai negara di belahan dunia, termasuk Indonesia.

PT Pertamina (Persero) menjadi salah satu yang menawarkan bahan bakar minyak, atau BBM jenis tersebut dengan nama Bio Solar. Campuran solar dengan prementasi dari kelapa sawit, atau minyak nabati. 

Artinya BBM tersebut hanya untuk mesin diesel, oleh sebab itu tahun ini perusahaan milik negara tersebut akan meluncurkan bioetnaol terbaru untuk mesin bensin.

Cara tersebut bukan sekadar untuk menekan emisi yang dihasilkan secara utuh dari bahan dasar minyak fosil, melainkan menekan impor bahan bakar minyak.

Direktur Utama Pertama Nicke Widyawati mengatakan, transsisi energi bukan hanya menurunkan emisi karbon dari mesin pembakaran kendaraan bermotor, namun untuk menekan ketergantungan bahan bakar dari fosil.

Bukan hanya itu, manfaat lainnya menggunakan bioetanol karena menurutnya Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah, terutama tumbuhan yang bisa digunakan sebagai campuran BBM ramah lingkungan.

Berita Terkait
hitlog-analytic