Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Menperin Minta Mobil Listrik Mazda MX-30 Diproduksi di Indonesia

Mazda MX-30 di Tokyo Motor Show 2019
Sumber :

100kpj – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mendorong Mazda agar segera membangun fasilitas produksi mereka di Indonesia. Salah satunya dengan memproduksi mobil listrik Mazda MX-30 di Tanah Air.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita saat melawat ke Jepang pada 5-7 Juni 2023. Salah satunya, Agus melakukan pertemuan dengan Mazda Motor Corporation.

Bersama Mazda, Kemenperin membahas komitmen investasi perusahaan tersebut yang rencananya akan mulai dilakukan tahun 2024 mendatang. Menperin berharap Mazda menjadi Indonesia sebagai basis produksi.

“Kemenperin menyampaikan apresiasi atas rencana investasi Mazda di Indonesia. Kami ingin memastikan rencana produksi Mazda di Indonesia, sekaligus mendorong agar Mazda menjadikan Indonesia sebagai basis produksi di wilayah ASEAN dan Australia,” ujar Menperin Agus yang dikutip dari situs resmi Kemenperin, Kamis 8 Juni 2023.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita

Mazda memiliki pangsa pasar tinggi di Australia. Pada tahun 2022, penjualan Mazda di Australia sebesar 95.718 unit, tertinggi kedua setelah Toyota. Produk Mazda yang diterima di Australia di antaranya CX-5 (27.062 unit), BT-50 (12.937 unit), dan Mazda CX-3 (11.907 unit) yang sebagian besar diimpor dari Thailand.

Menperin juga mendorong Mazda untuk berpartisipasi dalam program percepatan Electric Vehicle (EV) di Indonesia. Salah satunya memproduksi secara langsung mobil listrik MX-30 di Tanah Air.

Berita Terkait
hitlog-analytic