Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Modal Rp900 Miliar Hyundai Bangun Pabrik Baterai Mobil Listrik di Cikarang

Pabrik baterai Hyundai di Cikarang

100kpj - Mobil listrik, atau hybrid membutuhkan baterai untuk menggerakkan dinamo ke roda. Baterai menjadi nyawa kendaraan listrik murni, berbeda dengan hybrid yang punya cadangan mesin pembakaran.

Baterai yang digunakan pada mobil listrik terbentuk dari beberapa bahan dasar, diantaranya lithium-ion, nikel, metal, atau lainnya. Soal daya penyimpanan baterai disesuaikan dari kemampuan dinamo, dan desain kendaraan.

Hyundai Ioniq 5

Mengingat komponen tersebut sangat penting, dan beberapa mobil listrik yang dibuat lokal pun masih mengandalkan baterai buatan luar negeri. Maka beberapa brand mulai berinvestasi untuk membuat pabrik baterai.

Salah satunya Hyundai Motor Group bersama anak perusahaannya, Hyundai Energy Indonesia (HEI) dengan mendirikan pabrik baterai mobil listrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat, untuk memastikan pasokan baterai kendaraan listrik yang stabil.

Dengan begitu, Hyundai dapat secara konsisten mendukung industri dan ekosistem mobil listrik Indonesia dalam mengembangkan kapabilitas industri komponen dalam negeri, khususnya di sektor kendaraan pelahap seterum.

“Pembangunan pabrik battery system ini semakin menegaskan komitmen Hyundai dalam memimpin elektrifikasi di industri otomotif Indonesia," ujar Presiden Direktur HEI, Chang Oug Hong, dikutip dari keterangannya, Rabu 31 Mei 2023.

Berita Terkait
hitlog-analytic