Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Hadir di GIIAS 2023, Indonesia Diserbu Merek Mobil China Pendatang Baru

Hozon Auto Neta U
Sumber :

100kpj – Dalam waktu dekat industri otomotif Tanah Air akan semakin ramai. Karena banyak merek baru yang siap menancapkan kuku bisnisnya, terutama di segmen mobil penumpang.

Hal itu diketahui dari daftar brand mobil penumpang yang meramaikan pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show, atau GIIAS 2023 di ICE BSD, Tangerang pada 10-20 Agustus. Nama-namanya juga cukup asing di telinga, terutama orang awam, atau bukan pecinta otomotif.

Tercatat ada 4 merek yang hadir di pameran tahunan tersebut, yaitu Neta, GWM Tank, Ora, dan Haval. Neta adalah nama mobil listrik asal China yang diproduksi Hozon Auto, ada beberapa model salah satunya Neta V yang sempat digadang-gadang masuk pasar RI melalui PT Solo Manufaktur Kreasi, atau Esemka.

Namun mobil pelahap seterum yang dijadikan taksi di Tiongkok itu lebih dulu masuk pasar Malaysia. Tidak diketahui, status Neta saat hadir di GIIAS berdiri dengan nama produsen yang berbeda, atau di bawah Esemka.

Sedangkan GMW Tank, adalah nama mobil SUV (Sport Utility Vehicle) buatan Great Wall Motor. Mobil asal China itu hadir dalam beberapa varian, salah satunya Tank 500 yang baru dirilis di Shanghai Auto Show 2023.

Lalu ada Ora merek mobil di bawah payung GWM, namun lebih fokus membuat kendaraan listrik dan sudah dipasarkan di beberapa negara, salah satunya Thailand. Pun dengan Haval, merek asal Tiongkok itu masih anak perusahaan GWM.

Artinya keempat merek pendatang baru itu berasal dari negara yang sama, dan siap menjadi pesaing Wuling Motors, DFSK, Chery, dan Morris Garage. Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi mengatakan, tahun ini GIIAS akan hadir secara komprehensif, dalam arti mencakup merek yang lebih banyak dan lebih lengkap.

Berita Terkait
hitlog-analytic