Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Proses Sebelum Komponen Buatan Indonesia Digunakan Untuk Mobil Hyundai

Ilustrasi Pabrik Hyundai
Sumber :

100kpj – PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) menjadi salah satu produsen yang memiliki pabrik di Tanah Air, berlokasi di Kawasan Industri Deltamas, Cikarang, Jawa Barat. Sudah ada bebreapa produk yang diproduksi.

Hyundai Creta menjadi model pertama yang mereka produksi secara lokal, kemudian disusul mobil listrik Hyundai Ioniq 5, dan Stargazer. Pabrik tersebut juga memproduksi suku cadang, atau spare parts.

Pembuatan mobi Hyundai melibatkan suplier lokal

Melibatkan sejumlah supplier lokal sebagai penyedia komponen untuk keperluan mobil berlogo H tersebut. Namun sebelum digunakan, para supplier itu perlu melewati beberapa tahapan, salah satunya latihan.

Melalui PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia (HMMI) yang mengelola pabrik, 57 suplier lokal mengikuti pelatihan riset dan pengembangan, yang dimulai 3 Mei sampai 23 Juni 2023 di Cikarang, Jawa Barat.

Pelatihan lanjutan ini dimulai sejak April 2021 lalu, setelah rangkaian berjalan, beberapa pemasok komponen lokal sukses meningkatkan kemampuannya. Sehingga sesuai dengan standariasi produk Hyundai secara global.

Melalui program ini pemasok yang sebelumnya tidak tertarik di bidang riset dan pengembangan, atau R&D, kini mulai berinvestasi untuk pengembangan kemampuan tersebut.

Berita Terkait
hitlog-analytic