Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Mobil Kembaran Daihatsu Ayla Tetap Dijual Meski ada Kecurangan Hasil Uji Tabrak

Perodua Axia
Sumber :

100kpj – Setiap mobil baru yang beredar di dunia perlu uji tabrak terlebih dahulu sebelum di jual kepada masyarakat. Tapi tidak semua hasil uji tabrak tersebut dilakukan dengan jujur, seperti yang dilakukan Daihatsu.

Daihatsu mengakui kesalahan yang diperbuat, yaitu memanipulasi hasil uji tabrak mobil buatannya, termasuk Toyota. Panel samping untuk mobil yang melakukan pengujian itu tidak sama dengan versi produksi massal.

Perodua Axia

Sehingga hasil uji tabrak pada bagian samping mobil selalu mendapatkan nilai baik dari lembaga uji keselamatan. Tercatat ada empat model yang berdampak dari kasus manipulasi sertifikat benturan samping itu.

Keempat mobil tersebut adalah Toyota Yaris Ativ, atau All New Vios yang diproduksi Thailand, dan Malaysia pada Agustus 2022. Sedan kelas menengah itu dipasarkan di sejumlah negara termasuk Indonesia.

Namun berdasarkan data Daihatsu Global sebanyak 76.289 unit Vios generasi terbaru yang terdampak kasus manipulasi uji tabrak itu dipasarkan di Thailand, Meksiko, Teluk Arab, dan negara lainnya.

Kemudian ada Perodua Axia produksi Malaysia pada Februari 2023, sebanyak 11.834 unit. Mobil perkotaan itu masih satu platform dengan All New Daihatsu Ayla, atau All New Toyota Agya di pasar Indonesia.

Berita Terkait
hitlog-analytic