Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Bisa-bisanya Pemudik Angkut Motor Pakai Toyota Calya, Begini Kata Pakar Keselamatan

Viral mudik pakai Toyota Calya angkut motor Honda BeAT

100kpj – Mudik menggunakan mobil pribadi masih menjadi pilihan masyarakat. Salah satu alasannya bisa bawa barang bawaan lebih banyak dibandingkan menggunakan moda transportasi umum.

Namun setiap kendaraan memiliki beban maksimal, jika melebihi aturan pabrikan akan mengganggu kenyamana saat berkendara, begitu pun keamanan. Karena bobot mobil ketika berjalan sudah tidak sesuai.

Meski begitu, masih ada saja orang-orang yang nekat berkendara dengan melebihi kapasitas dari daya angkut mobil itu sendiri, meski berbahaya dan berpotensi kecelakaan namun tetap dilakukan.

Bahkan sampai hal yang tidak wajar saja dilakukan, seperti pemilik Toyota Calya yang kepergok kamera mengangkut sepeda motor di bagian atapnya. 

Melalui video unggahan akun Tiktok @NYON, terlihat di atas Calya berwarna putih berdiri dengan tegak satu unit motor, diduga kejadian itu terekam di Rest Area KM 57, Karawang, Jawa Barat, baru-baru ini.

Bukan hanya motor, namun roff rack di atas mobil LCGC (Low Cost Green Car) itu terdapat barang-barang lain. Jika melihat sekilas dari tayangan tersebut, motor yang diangkutnya adalah jenis matik, yaitu Honda BeAT.

Padahal ada banyak resiko yang ditimbulkan, jika beban kendaraan melebihi kapasitas. Bahkan tidak bisa melewati batas ketinggian beberapa Gerbang Tol. Lalu gimana menurut pakar keselamatan?

Berita Terkait
hitlog-analytic