Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

MBDI Gulung Tikar, Indomobil Teruskan Bisnis Mobil Mercedes-Benz di Indonesia

Mercedes-benz New A-Class Sedan
Sumber :

100kpj - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) sebagai produsen mobil Mercedes-Benz di Tanah Air, gulung tikar. Bisnis penjualan, dan perakitan mobil besutan Jerman itu diteruskan oleh Indomobil Group.

Padahal sepanjang 2022, MBDI tergolong sukses karena penjualan Mercedes-Benz lebih unggul dari BMW, dan menjadi mobil premium paling laris di Indonesia. Terlihat dari data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).

Mobil Listrik Mercedes-Benz EQS resmi dijual di Indonesia

Berdasarkan data asosiasi tersebut, sepanjang Januari-Desember 2022, sebanyak 3.184 unit mobil Mercedes-Benz keluar dari diler, atau dibeli konsumen, atau meningkat 26 persen jika dibandingkan 2021 yang hanya menorehkan penjualan 2.193 unit.

Bahkan dua tahun lalu pencapaian Mercedes-Benz lebih sedikit dibandingkan BMW yang saat itu masih sebanyak 2.433 unit. Namun di tahun lalu keadaan dibuat berbalik, penjualan mobil BMW dari diler ke konsumen sepanjang 12 bulan di 2022 hanya 3.023 unit.

Meski tergolong sukses memasarkan Mercy di RI, namun memasuki akhir Maret 2023 secara resmi PT Indomobil Sukses Internasional Tbk bersama Inchcape Motors Private Limited ditunjuk untuk meneruskan perakitan, dan distribusi Mercedes-Benz AG di Indonesia.

Demi optimalisasi produksi global, Mercedes-Benz AG memutuskan mengalihkan kegiatan operasional MBDI (importir kendaraan CBU, dan distributor kendaraan penumpang merek Mercedes-Benz di Indonesia), kepada kemitraan yang terdiri dari investor lokal.

Berita Terkait
hitlog-analytic