Home Motor Mobil Klub & Modif Sirkuit Tips & Trik Indeks

Siap-siap Mobil Chery Buatan Indonesia Dijual ke Luar Negeri

Chery Tiggo 8 Pro
Sumber :

100kpj - PT Chery Sales Indonesia (CSI) menjadi salah satu produsen mobil pendatang baru di Indonesia. Saat ini mereka hanya memasarkan dua produk di kelas SUV (Sport Utility Vehicle) melalui Chery Tiggo 7 Pro, dan 8 Pro.

Kedua mobil SUV tersebut dirakit lokal dengan menumpang pabrik milik PT Handal Indonesia Motor yang pernah merakit Hyundai H-1 di Pondok Unggu, Bekasi. Untuk tahap awal produsen asal China itu anya membuat 240 unit sesuai permintaan pasar.

Namun pabrik tersebut hanya bersifat sementara, mengingat dalam beberapa tahun ke depan Chery International akan mengucurkan dana segar dengan mendirikan pabrik di Indonesia. Bahkan bukan hanya untuk kebutuhan domestik, melainkan ekspor.

"Ditunjuknya Indonesia sebagai basis produksi setir kanan, karena dalam menentukan pilihan mereka memilik aturan yang ketat Indonesia, atau Thailand. Kenapa pilih Indonesia? Karena mateial elektrik vehicle ada seperti nikel, dan seterusnya," ujar Wakil Presiden PT CSI, Harry Kamora di Pluit, Jakarta Utara, Kamis 26 Januari 2023.

Kamora menjelaskan, Chery sudah 20 tahun produksi mobil hanya setir kiri, untuk China dan di ekspor. Kemudian setir kanan, mereka sudah memutuskan Indonesia sebagai pusat produksi, tapi untuk sementara principal melihat peminatnya terlebih dahulu di RI.

"Sekarang kalkukaslinya beigini, sewa pabrik tiga tahun, supaya sambil mereka masuk jualan lihat market, (sebelum investasi itu dikucurkan untuk dirikan pabrik)," tuturnya.

Setelah itu, jenama asal Tiongkok tersebut baru menancapkan kuku bisnisnya dengan membangun pabrik. Nantinya produk-produk buatan lokal akan di jual ke sejumlah negara dengan setir kanan, diantaranya yang berpotensi Afrika Selatan, Thailand, Malaysia, Australia, dan Selandia.

Berita Terkait
hitlog-analytic